Selasa, 16 November 2010

Cara Berhenti Merokok

Apabila anda tidak ada niat berhenti merokok 
atau menganggap tidak perlu berhenti merokok 
atau sudah memutuskan terus merokok 
untuk hiburan atau untuk mengurangi sentres, 
please tolong jangan baca tulisan ini lebih lanjut. 
Baca saja tulisan lain di blog ini.

Keluhan anak-anak akan asap rokok yang keluar dari mulut ayahnya, tentunya akan membuat seorang ayah tersadar bahwa dia sedang melakukan sesuatu yang membahayakan anak-anaknya atau bisa juga menjadi marah dan membentak karena merasa kenikmatan hidupnya terganggu. Kenyataannya anak-anak sekarang sudah jauh lebih pintar dari pada anak-anak seumur sepuluh tahun yang lalu atau minimal bisa dinilai mereka sudah tahu jauh lebih banyak hal berkat perkembangan teknologi komunikasi. Anak-anak akan mengeluh pada orang tuanyanya yang perokok karena khawatir dirinya akan menjadi korban asap rokok yang diisap orang tuanya, seperti akan menderita penyakit kanker, penyakit jantung, dsbnya.

Pendahuluan diatas adalah pengalaman pribadi yang memacu penulis untuk menulis artikel ini. Bagaimana sih caranya pada saat yang tepat atau pada saat diperlukan bisa berhenti merokok?. Tulisan ini merupakan hasil rangkuman dari hasil studi literatur, hasil olah pikir dan hasil diskusi dengan banyak sahabat. Selamat membaca.

Banyak hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang merokok tidak untuk benar-benar menikmatinya tetapi sekedar untuk menghilangkan kejenuhan, sekedar supaya bisa melewatkan waktu tampa terasa. Setelah merokok terutama kalau kebanyakan, merasa kepalanya pusing. Setelah pusingnya hilang kembali merokok untuk kemudian merasa pusing lagi dan kemudian setelah banyak merokok mengeluh karena menghabiskan terlalu banyak uang untuk membeli rokok.

Cara untuk menghentikan ketagihan merokok ini, tidak hanya bisa dilakukan untuk menanggulangi masalah merokok tetapi bisa juga untuk masalah ketagihan pada kenikmatan duniawi lain dengan beberapa modifikasi tentunya, seperti ketagihan makan banyak, minum minuman beralkohol tinggi, main game, kecanduan obat2an, dsbnya.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk menghentikan ketagihan merokok. Pilih cara penaggulangan yang mungkin dan dengan nyaman bisa dilakukan. Kombinasi beberapa cara sekaligus adalah yang terbaik.

1. Lakukan usaha penghentian kebiasaan ini untuk menunjukkan kasih sayang anda kepada orang yang sangat, paling anda cintai. Rasakan kebahagiaannya pada saat anda bisa melakukan sesuatu, dalam hal ini dengan berhenti merokok untuk menunjukkan kasih sayang anda kepadanya. Penulis yakin balasannya tidak akan terlupakan sampai tarikan nafas anda yang terakhir.

2. Dengan melakukan kegiatan menulis tentang pengaruh negatif merokok seperti nafas jadi bau, abu rokok bertebaran di lantai, rokok habis pada saat hujan terpaksa keluar beli rokok, gadis yang mestinya mau anda ajak kencan jadi batal karena dia tidak tahan bau dan asap rokok, apabila sedang ada acara di ruangan berAC anda jadi sebentar-sebentar repot keluar untuk merokok dan seterusnya. Bayangkan diri anda sebagai seorang penulis profesional yang akan menggoncangkan dunia dengan hasil tulisan anda tentang merokok.

3. Apabila dalam keseharian anda masih berhitung soal pengeluaran uang untuk diri sendiri dan keluarga, ambil kalkulator. Hitung jumlah uang yang anda belanjakan untuk rokok. Sehari Rp 10.000.-. Sebulan Rp 300.000.-. Setahun Rp 3.600.000.- dan seterusnya. Bila tidak merokok dalam 2 tahun anda punya 1 komputer laptop. Dalam 3 tahun anda punya 1 buah sepeda motor baru. Dalam sepuluh tahun......uangnya bisa dipakai untuk membayar uang muka rumah BTN.

4. Apabila anda orang kaya. Ingatlah orang lain hidupnya pada susah. Nasi saja setiap harinya belum tentu bisa makan. Pasanglah perasaan, dengan merokok tanpa sadar anda pamer kaya kepada orang lain yang hidupnya susah

5. Pada hari pertama berusaha melupakan rokok selama satu jam. Hari berikutnya satu setengah jam. Demikian seterusnya sampai sampai anda tidak merokok selama satu hari (24jam). Apabila sampai tahap ini bisa tercapai berarti anda seseorang yang mempunyai itikad kuat dalam mencapai sesuatu. Hanya soal waktu, anda akan bisa menghentikan kebiasaan buruk apa saja.

6. Temui teman terbaik anda yang tidak perokok untuk melakukan suatu kegiatan bersama. Kalau bisa sebaiknya kegiatan olah raga seperti pergi main ombak kepantai atau kegiatan apa saja yang mana tidak mungkin anda lakukan sambil rokok-an.

7. Beritahu kepada orang yang sangat anda hormati yang tidak perokok, bahwa enam bulan lagi anda akan berhenti merokok dan tunjukkan kepadanya bahwa anda adalah orang yang bisa dipercaya.

8. Pakai usaha berhenti merokok sebagai ujian untuk kesombongan anda, bisa melakukan apapun yang anda rencanakan dan bisa mencapai apapun yang anda mau.

9. Apabila anda orang yang gampang menyerah dalam mengusahakan sesuatu, maka manfaatkan karakter itu dalam usaha untuk berhenti merokok. Terimalah dengan tulus takdir kehidupan yang ditakdirkan Tuhan yakni sudah saatnya harus berhenti merokok untuk kesehatan diri sendiri dan orang-orang yang anda cintai.

10. Pada saat bertemu dengan seseorang yang selalu meragukan kemampuan anda, dengan bangga katakan padanya bahwa anda bisa berhenti dari kebiasaan merokok. Katakan hal itu pada saat anda sedang tidak merokok dan pada pertemuan selanjutnya dengan dia jangan sampai anda tertangkap basah sedang merokok lagi.
11. Belilah rokok kemudian tawarkan dan berikan rokok itu kepada teman anda yang perokok. Katakan kepadanya dengan sungguh-sungguh dan tulus bahwa anda dulunya perokok berat sekarang sudah tidak lagi. Jangan sampai sambil memberi rokoknya, dalam hati kecil mengatakan : kuberikan racun nikotin ini kepadamu agar aku terbebas darinya.

12. Tambah kegiatan/aktivitas produktif sehingga anda jauh menjadi bertambah sibuk dibanding sebelumnya. Pola pikirnya : kalau masih sempat merokok berarti kurang sibuk. Kesibukan akan sangat membantu untuk melupakan hal-hal yang kurang baik untu kesehatan termasuk merokok. Penambahan aktivitas produktif juga akan meningkatkan rasa percaya diri, penghasilan dan penghargaan orang-orang disekitar.

13. Ucapkanlah dengan tulus dan khidmat dalam doa-doa anda supaya anda dibantu Tuhan, bisa tidak merokok lagi. "Tuhan mohon aku dibantu supaya aku bisa berhenti merokok. Supaya nanti uang untuk membeli rokok itu, bisa aku berikan untuk bekal sekolah anak-anakku".

14. Tidak perlu terlalu dipikirkan bahwasanya kalau anda berhenti merokok maka rokok akan menjadi tidak laku, penghasilan negara dari pajak rokok menurun dan akhirnya pabrik rokok akan bangkrut serta akan meyebabkan buaanyak orang pekerja di pabrik rokok akan menganggur.



15. Sebagai tambahan dan tidak dimaksudkan sebagai promosi terselubung : ada rokok plasebo yakni rokok yang rasa dan aromanya mirip rokok tapi di dalam gulungan rokok plasebo isinya bukan tembakau tetapi daun tumbuhan obat herbal yang tidak mengandung nikotin. Daun tumbuhan herbal yang dipakai adalah daun tumbuhan yang secara emperis dipercaya bisa melonggarkan saluran pernafasan.

1 komentar:

  1. Logika yang digunakan untuk mengajak seorang perokok berhenti merokok bukankan SUDAH TIDAK EFEKTIF. Jelas-jelas dituliskan dalam setiap kemasan rokok bahwa merokok membahayakan kesehatan, namun tetap dibeli ..... Jelas-jelas cukai rokok sangat mahal ...... namun tetap dibeli. Jadi apakah logika rasional bisa menghentikan mereka berhenti, sedangkan gaya hidup atau pilihan hidup dengan merokok sudah irasional. Artinya apakah alasan dari tulisan di atas bisa menghentikan seseorang merokok? Saya sangsikan itu ... kuncinya adalah hentikan pabrik rokok .....selesai masalah rokok. Itulah solusi.

    BalasHapus